Rabu, 04 April 2011 21:35

PERAN ORANG TUA SAAT SIKECIL SEDANG BELAJAR

Kita sebagai orang tua terkadang lupa atau tidak mengerti tentang peran orang tua dalam pendidikan keluarga (informal), yang seharusnya selalu harus memberi contoh yang baik, mendidik anak, dan mendorong anak untuk tumbuh dan berkembang. Ada beberapa kebiasaan kita(orang tua) mungkin tidak kita sadari merusak perkembangan belajar yaitu
1. Acuh terhadap apa yang dipelajari anak disekolah.
2. Tidak mau tahu yang dibutuhkan si anak jika mengalami kesulitan belajar.
3. Membiarkan si anak kita sedang belajar sendirian.
4.Orang tua segan untuk belajar apa yang dipelajari anak.

Tidak bisa dihindarkan kita sebagai orang tua memang sudah lelah mencari nafkah sehari hari, bukan berarti kita juga boleh mengorbankan anak kita demi masa depannya.Sesibuk apapun kita harus sedikit meluangkan waktu untuk bercanda dengan anak kita apa-apa yang telah dipelajari disekolah walaupun hanya basa-basi tapi bagi anak-anak pertanyaan ingin tahu orang tua akan memberi semangat pada anak kita karena apa yang telah dilakukan, dipelajari dapat perhatian dari orang tuanya. Sehingga untuk selanjutnya anak akan selalu mengajak komunikasi tentang pelajaran sehari hari disekolahnya dan akhirnya akan terjadi pembelajaran secara tidak langsung melalui komunikasi dua arah.

Orang tua tidak bisa mengharapkan sepenuhnya kepada sekolah untuk keberhasilan anaknya dalam belajar. Kalau kita mengharapkan pembelajaran sepenuhnya kepada sekolah maka akan terjadi ketakutan orang tua untuk berbondong bondong berusaha dengan cara apapun memasukkan anaknya kesekolah favorit, mengkursuskan anaknya keberbagai bimbingan belajar dengan tidak memperhatikan kemampuan anaknya. Hal ini terjadi karena orang tua merasa tidak mampu, tidak percaya diri untuk membatu dan membimbing anak kita jika merasa kesulitan belajar. Anak merasa bangga kalau orang tua bisa membantu memecahkan masalah belajarnya sehingga akan terjadi kepercayaan pada dirinya apa yang akan dipelajari. Kebutuhan yang ada dalam dirinya dianggap bisa diatasi dirumah jika tidak diperoleh disekolah.

Bagaimana menurut anda

Selamat Datang di Situs Kami


Silakan isi identitas Anda

Nama :
Email :
Komentar :