Kamis, 27 Mei 2011 22:05

MENCETAK TABEL EXCEL DENGAN VB EDITOR

Secara umum untuk mencetak table Excel adalah select range atau table yang akan dicetak kemudian masuk menu File-klik Print (Ctrl+P) atau langsung meng- klik ikon printer, itupun kalau data akan dicetak dalam posisi aktip. Bagaimana jika dokumen yang akan dicetak penuh dengan data, maka kegiatan klik meng- klik akan melelahan pergelangan tangan kita yang tidak ada duanya.

Dengan bantuan satu baris perintah di VISUAL BASIC EDITOR kegiatan klik dan drag tidak diperlukan lagi, juga tidak perlu mahir program Visual Basic ingin tahu caranya berikut ini pencerahannya.

  1. Buka buku kerja Excel, select range yang akan dicetak kemudian beri nama range di Name Box (biasanya dipojok kiri atas) sesuai kata hati anda lalu enter.

  2. Klik ikon tombol(button) dan drag sesuai ukuran yang anda inginkan, kalau belum ada ikon Button klik Office Button dipojok kiri atas klik Exel Option pilih tab Customize dari pilihan yang ada doble click ikon Button sekalian cari ikon Visual Basic lalu OK. Sekarang sudah muncul kan ikon Button.

  3. Jika sudah terbentuk gambar tombol(Button) beri nama dengan cara klik dan hapus nama defaultnya ganti dengan nama sesuai selera anda supaya tidak bingung jika akan mencetak dokumen. Jika sewaktu mengganti nama muncul form Assign Macro di cancel saja.

  4. Sekarang kita masuk ke Visual Basic Editor di menu Tools pilih macro masuk ke Visual Basic Editor untuk membuka Microsoft Visual Basic.

  5. Di cendela Microsoft Visual Basic pilih menu Insert klik Module untuk menambahkan folder Modules di candela project (layar sebelah kiri).

  6. Pilih Folder Modules dan klik Module 1 kemudian klik View Code untuk menampilkan form tempat menulis kode program.Tulis kode program sebagai berikut :

    Sub nama_macro_ ( )

    Sheet1.Range(“nama range”).PrintOut

    End Sub


    Penjelasan kode program :
    a.“nama_macro” di baris pertama adalah nama sembarang yang mudah diingat.
    b.Sheet1 adalah sesuai sheet yang anda buka dan “nama range” diisi seseuai dengan nama range yang telah kita buat sebelumnya di Excel.
    c.PrintOut yaitu perintah untuk mencetak.
  7. Sekarang kita kembali ke Excel dimana kita buat tabel tadi, klik kanan gambar tombol (Button) pilih Assign Macro maka akan muncul form Assign Macro kemudian kilik Nama_Macro akhiri dengan OK.

Selesai sudah dan sekarang sudah bisa dicoba , mudah bukan.

Selamat Datang di Situs Kami


Silakan isi identitas Anda

Nama :
Email :
Komentar :